Sejarah Desa

Desa Bleber adalah salah satu desa yang berada di wilayah Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati, berdasarkan pemerintahannya di pimpin oleh Kepala Desa dan di bantu oleh beberapa perangkatnya.

Menurut cerita para pendahulu kita terjadinya Desa Bleber diawali dari kisah seorang Ki Ageng yang ahli memandikan senjata (gaman) yang di sebut Ki Ageng Bacem dan sekarang daerah tempat tinggalnya dikenal dengan sebutan sawah bacem.

Suatu ketika datanglah seorang teman yaitu Ki Ageng Kiringan yang akan memandikan senjatannya atau menjamaskannya kepada Ki Ageng Bacem. Setelah Ki Ageng Kiringan tiba dirumah Ki Ageng Bacem dia duduk diatas teras depan rumah sambil berbincang-bincang dengan Ki Ageng Bacem.

Tapi ketika sedang asyik bersendau gurau sambil jagong-jinagong (biasa teman lama yang sudah jarang ketemu) mereka melihat kesebelah barat ada kobaran api yang sangat besar sehingga mereka kaget dan penasaran ingin tahu.

Seketika mereka meloncat dari tempat duduk untuk melihat tapi malah apa yang terjadi mereka bukannya langsung menginjakkan kakinya ketanah tapi malahmiber (terbang) mungkin karena kekuasaan Tuhan. Sehingga mereka sebut daerah itu dengan nama Bleber mungkin dari kata miber (terbang).

Mungkin Ki Ageng tadi mendapatkan karomah dari Tuhan YME, sampai saat ini disebut Desa Bleber yang kemudian disatukan menjadi satu wilayah yaitu Desa Bleber